Tetap Ceria di Hari Anak

0
155

SIGI — Lapangan hunian sementara (huntara) korban bencana di Desa Rogo, Kabupaten Sigi, berubah meriah, Rabu kemarin, 21 November 2018. Ratusan anak dan orang tua bergembira mengikuti pelbagai lomba.

Ada lomba memindahkan karet gelang dengan sedotan, ada pula lomba estafet memasukkan bola kecil ke dalam keranjang. Matahari yang terik menyengat, tak menyurutkan keceriaan anak-anak mengikuti lomba.

Ratusan anak itu sedang mengikuti perayaan Hari Anak yang diperingati setiap 20 November. Namun karena bertepatan dengan hari libur keagamaan, perayaannya baru dilaksanakan pada 21 November.

Acara itu digagas oleh para relawan dengan peserta dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah pertama. Orang tua pun dilibatkan untuk memberi semangat.

Tapi aktivitas tersebut bukan sekedar merayakan Hari Anak. Itu menjadi salah satu upaya relawan untuk menghilangkan trauma (trauma healing) korban bencana gempa yang melanda Sulawesi Tengah 28 September lalu.

Bencana itu menyebabkan anak-anak trauma dan sejumlah sekolah mereka pun rusak parah. Beberapa sekolah yang terdampak bencana pun masih melaksanakan proses belajar-mengajar di tenda darurat.

“Kami hanya bisa dapat juara dua. Tapi kami senang,” tutur Zulfikar, seorang anak berusa tujuh tahun.

Fauzia, salah seorang orangtua, mengatakan, kegiatan itu mengembalikan keceriaan anak-anak yang hidup di huntara setelah bencana. “Sebagai orang tua, saya ikut senang melihat anak-anak kembali ceria.” Kata dia.

Salah satu relawan dari Wahana Visi Indonesia, Melya Findi, mengatakan, perayaan Hari Anak di Sulawesi Tengah berada dalam suasana pascabencana. Sehingga penting bagi relawan untuk membuat kegiatan yang bisa membuat anak-anak melupakan trauma akibat bencana.

“Acara seperti ini sebenarnya sering kami lakukan agar mereka melupakan bencana sebulan lalu. Kebetulan hari ini juga bertepatan dengan Hari Anak,” kata Melya.[]

Reporter: Aldrim Thalara
Editor: Ika Ningtyas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini