Tentang Kami

Kabar Sulteng Bangkit (KSB) adalah media alternatif yang berfokus pada jurnalisme bencana yang berbasis di Kota Palu. Portal ini memberikan informasi literasi bencana dan memantau proses pemulihan pascabencana di Sulawesi Tengah.

KSB lahir November 2018 pascabencana gempa, tsunami dan likuifaksi yang melanda Sulteng pada 28 September 2018, diinisiasi oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, AJI Palu dan Internews. Media ini dikelola secara nirlaba oleh jurnalis-jurnalis di Palu dengan memegang teguh UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Awalnya, KSB hadir untuk menjawab kekosongan informasi setelah bencana yang merenggut lebih dari 2 ribu korban jiwa di Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong. Bencana tersebut menyebabkan seluruh media utama di empat daerah itu tidak beroperasi dan jurnalis kehilangan pekerjaan. Sementara publik membutuhkan informasi penanganan bencana secara lebih cepat dan mendalam.

Isu bencana masih terpinggirkan dalam media di indonesia. Berita kebencanaan seringkali muncul saat bencana terjadi, itu pun sering dengan kualitas yang rendah. Seperti eksploitasi terhadap korban, mengandung konten mistis dan tak relevan. Media belum menjadi rujukan dan watchdog dalam upaya mengurangi risiko bencana.

Padahal, Indonesia memiliki kerentanan bencana yang tinggi, mulai gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus. Belum termasuk meningkatnya intensitas bencana hidrometeorologi (banjir, tanah longsor dan kekeringan) akibat aktivitas manusia dan kerusakan lingkungan hidup.

Dengan demikian, kehadiran media yang berperspektif kebencanaan cukup penting. Tidak hanya untuk mengedukasi publik, tapi juga memastikan pembangunan yang mengedepankan mitigasi bencana.

Salam,
Redaksi Kabar Sulteng Bangkit