STT IKAT Jakarta Bangun Huntara di Kulawi

0
219

SIGI –Sekolah Tinggi Teologi (STT) IKAT Jakarta, membantu pembangunan hunian sementara bagi sejumlah kepala keluarga yang terdampak bencana di Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi.

Kepala Program Studi Doktoral STT IKAT Jakarta, Simon Stefanus Baitanu, mengatakan, upaya itu dilakukan untuk membantu pemulihan pascabencana di Sigi dan juga merupakan bagian dari program STT IKAT Jakarta, yang dinamakan Mission Trip.

“Mission Trip kali ini, pihak kami membangun sebanyak 4 unit huntara, masing-masing 2 unit di Desa Bolapapu dan 2 unit di Desa Boladangko,” kata Simon, Rabu, (3/7/2019).

Selain membantu membangun huntara, dalam Mission Trip STT IKAT di Kulawi, ada beberapa jenis kegiatan yang dilaksanakan, yaitu pelayanan kerohanian, pengabdian kepada masyarakat (PKM), serta penelitian.

“Untuk pembangunan huntara masuk dalam bidang pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara bidang pelayanan kerohanian dilaksanakan kegiatan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) untuk kalangan anak, remaja, dan umum, kemudian seminar remaja, dengan tema bijak bermedsos.

Kemudian melakukan seminar keluarga, dengan tema keluarga harmonis, serta program trauma healing dan beberapa kegiatan lainnya, seperti melayani kebaktian atau ibadah di beberapa gereja.

Pihaknya juga melakukan rehabilitasi Pastori GPdI Elshhadai di Bolapapu, dengan melakukan pengecatan dan perbaikan plafon.

Perguruan tinggi berbasis keagamaan ini, lanjut dia, mengutus 15 tim ke seluruh daerah di Indonesia, di mana ada dua tim yang diutus ke Kulawi. Tim beranggotakan 20 mahasiswa dan dua dosen pendamping, yakni dirinya dan Handri Geradus.

“Kami sudah tiba di Kulawi sejak 17 Juni lalu dan masa tugas kami akan berakhir pada 4 Juli 2019,” terangnya.

Ia menyebutkan PKM kali ini, merupakan bentuk kepedulian dan aksi kasih kemanusiaan STT IKAT Jakarta, tahap III ke Palu dan Sigi.

Menurut dia, Mission Trip ini merupakan kegiatan tahunan, yang dilaksanakan setiap akhir semester genap setiap tahunnya.

Pihaknya berharap, pelaksanaan Mission Trip di Kulawi ini, dapat bermanfaat dan sedikit membantu memulihkan masyarakat yang terdampak bencana 28 September 2018 lalu.

“Apa yang dilakukan oleh STT IKAT Jakarta ini, merupakan bentuk kepedulian dan kasih kemanusiaan terhadap sesama manusia,” tutupnya.

Penulis : Jefrianto
Foto : Dokumen STT IKAT JAKARTA
Editor : Sarifah Latowa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini