SMUN 1 Sirenja Akhirnya Dibangun Kembali

0
168

DONGGALA- Rusaknya sejumlah sarana pendidikan di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah akibat gempa bumi 28 September 2018 lalu mendapat perhatian serius dari berbagai pihak. Salah satunya Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) SCTV Indosiar yang membantu pembangunan kembali SMU Negeri 1 Sirenja.

Pembangunan kembali sekolah yang terletak di Kecamatan Sirenja tersebut kini telah memasuki tahap awal. Sebanyak 10 ruangan dibangun dengan dilengkapi perpustakaan, peralatan mobiler, MCK siswa serta gedung musholla.

Pihak YPK SCTV Indosiar menargetkan pembangunan sekolah tersebut paling lambat tuntas empat bulan ke depan. Anggaran yang digunakan untuk pembangunan sekolah tersebut, dananya mencapai Rp2 miliar.

“Mudah-mudahan dalam jangka 4 bulan pekerjaan sudah rampung bahkan lebih cepat lebih baik,” ujar Danan, perwakilan YPK SCTV Indosiar saat bertemu dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Irwan Lahace, Kamis (4/7/2019) pagi.

Dalam kesempatan itu, pihak pelaksana pembangunan SMU Negeri 1 Sirenja turut hadir dan mempresentasikan desain bangunan sekolah di hadapan kadis dikbud Provinsi Sulawesi Tengah, Irwan Lahace dan Kepala SMUN 1 Sirenja, Muhlis.

Berbagai hal penting disampaikan mulai dari desain bangunan hingga material yang digunakan untuk konstruksi bangunan tersebut juga dijelaskan secara rinci.

Usai presentasi, Irwan merasa cukup puas dan berterima kasih kepada pihak YPP SCTV Indosiar. Irwan pun berharap pembangunan sekolah tersebut bisa segera selesai sehingga difungsikan kembali.

Pasalnya, kata dia, sekolah tersebut memiliki siswa cukup banyak dan mencapai lebih 800 orang.

“Sekolah itu paling banyak siswanya dan terbesar di wilayah pantai barat. Jadi sangat diharapkan untuk segera berfungsi,’’ujarnya.

Irwan menyebutkan akibat bencana gempa dan tsunami 28 September 2018 lalu banyak sarana pendidikan di wilayah Palu, Sigi dan Donggala yang rusak berat.

Namun, Ia bersyukur karena banyak pihak yang peduli termasuk YPK SCTV Indosiar yang ikut membantu membangun kembali sekolah tersebut.

“Ada banyak pihak yang sudah turun tangan membantu pembangunan sekolah tersebut, termasuk SCTV dan Indosiar,” ucapnya.

Selain SMU Negeri 1 Sirenja, pihak YPK SCTV Indosiar juga membangun sejumlah sarana pendidikan seperti MTs Alkhairaat di Desa Langaleso, Kabupaten Sigi, SD Negeri Duyu Palu, Masjid dan Puskesmas Pembantu di Desa Bora, Kabupaten Sigi serta tiga puskesmas pembantu dan tempat ibadah di Kota Palu.

Penulis : Syamsuddin
Foto : Syamsuddin
Editor : Sarifah Latowa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini