Save the Children Bantu Perbaikan 4 Sekolah

0
342
RESMIKAN - Peresmian perbaikan 4 buah sekolah oleh Save the Children bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Palu

PALU – Gempa 28 September 2018 silam membuat kerusakan bangunan di Pasigala – Sulawesi Tengah. Save the Children bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Palu untuk melakukan perbaikan penguatan struktur bangunan atau retrofitting. Ada empat sekolah di Palu dan Kabupaten Sigi sebagai contoh bagaimana bangunan mendapatkan retrofitting.

Sekolah-sekolah tersebut adalah SMP SATAP Palu, SMPN 19 Palu, SMP 15 Wara Palu dan SDI 2 Baluase Sigi.
“Retrofitting cukup ideal untuk memperbaiki bangunan dalam jumlah banyak terjadi akibat bencana alam,” kata Communication Coordinator for Central Humanitarian Response, Roy Rey dalam release diterima media ini Selasa (28/1). Ia mengatakan , Retrofitting dapat dilakukan tanpa harus membongkar bangunan asli secara keseluruhan.

Cara ini relatif murah dan waktu pengerjaannya juga tidak terlalu panjang. Save the Children di seluruh dunia memahami ada jutaan bangunan sekolah rentan mengalami kerusakan, bukan saja karena bencana alam tetapi juga standar bangunan tidak memadai. Retrofitting tidak hanya dilakukan untuk bangunan sudah rusak saja akibat bencana tetapi juga untuk bangunan-bangunan lain masih terlihat baik namun keadaannya mengkhawatirkan.

Di luar Pasigala, Save the Children berinisiatif menciptakan konstruksi sekolah aman dan ramah anak dengan mengadakan workshop dan training, termasuk juga membuat buku panduan dan manual untuk inisiatif ini. ” Buku panduan digunakan secara global ini didasarkan pada pengalaman di Indonesia sebagai tempat paling rentan bencana di seluruh dunia, ” ujarnya. ***

Penulis  : Ikram
Editor    : Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini