Sahabat Masjid, Komunitas Bantu Masjid Terdampak Bencana

0
453

PALU — Komunitas Sahabat Masjid di Kota Palu bergotong-royong untuk membantu perbaikan rumah ibadah umat Muslim yang terdampak bencana gempabumi, tsunami dan likuefaksi setahun silam. Ini dilakukan supaya masjid atau musalla yang semula rusak bisa segera digunakan untuk beribadah.

Evi, ketua Sahabat Masjid, mengatakan, ia dan teman-temannya membentuk komunitas tersebut karena ingin membantu pembangunan masjid, utamanya yang terdampak setelah bencana.

Ia bercerita, sebelum gempa terjadi, Evi sedang berada di Gorontalo. Saat itu ia belum punya ide untuk membentuk komunitas tersebut. Ide itu baru datang setelah ia tiba di Palu dan melihat banyak masjid dan musala yang rusak karena bencana. Ia pun menginisiasi bantuan untuk membantu masjid melalui akun pribadinya di Facebook. “Alhamdulillah postingan saya direspon banyak orang,” kata dia belum lama ini.

Selang beberapa hari, Evi mengumpulkan para donatur dan relawan yang tartarik dengan ideanya di sebuah masjid yang berada di Jalan tembang. Masjid itulah yang menjadi target pertama untuk dibantu. Uang donasi yang dikumpulkan dari warga rencananya akan akan dibelikan bahan material lalu diserahkan ke pihak masjid. “Saya sangat terharu melihat respon dari sahabat-sahabat saya yang sangat bersemangat untuk membuat komunitas ini,” katanya.

Sahabat Mesjid kini tidak hanya bergerak berdonasi untuk pembangunan masjid. Pekan lalu, mereka memberikan bantuan sembako di salah satu panti asuhan yang berada di Desa Loru Biromaru. Ev berharap langkah itu bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kota Palu dan sekitarnya.[]

Jurnalis warga: Ardianti Tahir
Editor: Ika Ningtyas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini