Rp60 Miliar Dana Santunan Duka Tahap 2 Palu Mengendap di Kemensos

0
373
ZIARAH - Sebagian warga yang keluarganya meninggal pada bencana September 2018 silam belum mendapatkan haknya. foto-yardin

PALU – Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Sosial sudah sejak lama mengajukan data penerima dana santunan duka ahli waris korban meninggal dunia akibat bencana alam Palu tahap 2 kepada Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Jumlahnya ahli waris yang diajukan sebanyak 1.383 jiwa.

Sebelumnya dana santunan duka tahap 1 diajukan dengan jumlah yang sama yakni 1.383 dan telah disalurkan pada April 2019 silam.

Namun kepastian waktu realisasi dana santunan tahap 2 hingga kini belum diketahui. Meski dana itu kini telah berada di Kemensos RI.

Kepala Dinas Sosial Kota Palu, Romy Sandi Agung menjelaskan, berdasarkan informasi dari Kemensos RI, pada Maret 2020 dana santunan tahap 2 sudah berada di kas Kemensos RI. Jumlahnya kurang lebih Rp60miliar. Namun dana ini belum bisa serta merta disalurkan.

“Dananya sudah ada namun dibekukan atau masih diblokir oleh pihak Kementerian Keuangan RI,”kata Romy, Minggu 14 Juni 2020.

Menurut dia, berdasarkan informasi yang diterima pula, dana ini bisa disalurkan nanti setelah ada persetujuan dari pihak Kementerian Keuangan RI.

“Kemensos tidak bisa serta merta menyalurkan karena kewenangan ada pada Kemenkeu,”ujarnya. Romy mengaku tidak mengetahui pasti alasan mengapa dan kapan dana tersebut bisa disalurkan.

“Ini perkiraan saya, mungkin ini masih terkait dengan urusan penanganan Covid 19. Bisa jadi disalurkan jika Covid berakhir,”sebutnya. Romy menambahkan, hingga saat ini belum ada ketambahan data ahli waris tahap 2 untuk Kota Palu. Ini juga menjadi perhatian pihak Kemensos RI sebelum nantinya dana tersebut disalurkan kepada penerima.

Pihaknya memastikan semua ahli waris korban bencana di Palu sudah terakomodir dalam data penerima dana santunan duka tersebut. Karena sejauh ini pula tak ada lagi warga yang datang melaporkan diri sebagai ahli waris atas keluarganya yang meninggal dalam bencana alam Palu, September 2018 silam.

“Komunikasi kami terakhir dengan pihak Kemensos hanya mempertanyakan soal ada tidaknya ketambahan data ini. Kami sampaikan sudah tidak ada lagi,”katanya.

Romy kemudian menjelaskan, bahwa dana santunan duka murni diberikan pemerintah pusat melalui Kemensos. Penyaluran dananya pun langsung ke nomor rekening masing-masing ahli waris.

“Kami tegaskan, dinas sosial hanya sebatas mendata dan mengajukan data. Soal penyalurannya itu langsung dari pihak Kemensos ke rekening ahli waris,”pungkasnya.

Penulis   : Hamdi Anwar
Editor     : Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini