Puluhan Jurnalis Ikuti Workshop Akuntabilitas Penanganan Bencana

0
200

PALU – Tempo Institute bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu, melaksanakan workshop dan fellowship dengan tema ‘Akuntabilitas Penanganan Bencana’. Workshop ini diikuti 30 jurnalis dari berbagai latar belakang media di Sulawesi Tengah (Sulteng), yang dilaksanakan selama tiga hari, yakni 27-29 Juni 2019.

Mardiyah Camim dari Tempo Institute, yang hadir sebagai salah seorang trainer dalam workshop tersebut, Kamis (27/6/2019) menjelaskan, workshop ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada para jurnalis terkait peliputan pasca bencana, khususnya terkait akuntabilitas penanganan bencana oleh negara.

Dari workshop ini diharapkan, para jurnalis yang bergelut dengan peliputan pasca bencana, punya perspektif tentang kebencanaan itu sendiri, sekaligus memahami prinsip-prinsip akuntabilitas dalam penanganan bencana.

Selain Mardiyah Chamim, workshop ini juga menghadirkan jurnalis kebencanaan Kompas, Ahmad Arif, serta Amantha Perera dari Asia Pacific Dart Center. Pada sesi hari pertama, Ahmad Arif banyak berbagi tentang bagaimana perspektif dalam peliputan kebencanaan, sedangkan Amantha Perera lebih menyoal kepada etika peliputan, dalam konteks peliputan kebencanaan.

Selama tiga hari pelaksanaan workshop ini, para peserta juga akan dimentori oleh beberapa jurnalis senior, seperti Iwan Lapasere, Muh Iqbal, Basri Marzuki, Ika Ningtyas Umaningrum, juga oleh tim Tempo Institute.

Dalam workshop ini, para peserta juga diberikan pemahaman untuk menyusun kerangka liputan investigatif, terkait akuntabilitas penanganan kebencanaan.

Adapun 10 peserta dengan kerangka liputan terbaik, akan mengikuti master class fellowship, yang akan dilaksanakan 1-3 Juli 2019 mendatang, dengan Ika Ningtyas Unggraini dari AJI, serta pegiat literasi, Neni Muhidin sebagai mentor.***

Penulis: Jefrianto
Foto: Jefrianto
Editor: Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini