PT Adikarya Sudah diperintahkan Selesaikan Utang Huntara

0
123

PALU – Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Tengah ternyata sudah pernah memerintahkan PT Adikarya menyelesaikan sisa hutang pembangunan Huntara terhadap CV Sinar Tritunggal Jaya dan CV Karya Cemerlang.

Dua perusahan subkontrak rekaman PT Adikarya atas pembangunan Huntara di Kelurahan Pengawu.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Tengah, Ferdinan menyabutkan pembayaran dana talangan kepada PT Adikarya sudah dilakukan pada 29 Mei 2019. Namun kata dia PT Adikarya belum membayar subkontrak karena menyangkut administrasi.

“Pembayaran dana talangan sudah dilakukan terakhir tgl 29/05 termasuk kepada pt Adhi Karya. Sekali lagi diupayakan penyelesaiannya. Belum dibayarkan oleh PT AK pada Subkon karna Subkon pada PT Adhi Karya belum selesaikan adminnya,” kata Ferdinand melalui pesan WhatsApp kepada wartawan.

Ferdinand membenarkan PT Adikarya baru menyelesaikan 50persen pembayaran pembangunan Huntara dari kedua CV tersebut sebelum dana talangan dari Kementerian PU PERA diberikan

“Sudah perintahkan PT Adhi karya untuk segara temui langsung pekerja dan bayar panjar langsung ke pekerja tersebut sebelum Subkonnya menyelesaikan admin untuk bisa dibayar oleh PT Adhi Karya,”tulisnya.

Sebagai BUMN, PT Adhi Karya harus melengkapi segala administrasi kontrak. Mulai dari laporan harian, opname progres, back up pembayaran dan lain sebagainya.

“Sesuai ketentuan kontrak yang mereka buat yakni PT Adhi Karya dan subkontrak. Itu memang menjadi keharusan karena perusahaan BUMN akan diaudit oleh BPK,”jelasnya.

Namun begitu Ferdinand mengaku akan mengecek kembali dokumen administrasi PT Adhikarya termasuk dokumen yang diajukan subkontrak. Ini berkaitan adanya klaim dari subkontrak yang menyebut telah melengkapi dokumen admistrasi sebagaimana format PT Adhi Karya.

“Ya nanti kami cek yang benar yang mana. Terimakasih,”jawab Ferdinand. ***

Penulis: Hamdi Anwar
Editor: Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini