Perhimpunan Tionghoa, Menggelar Tabur Bunga di Teluk Palu

0
188
TABUR BUNGA - Keluarga Besar Tionghoa yang tergabung dalam INTI Sulteng melakukan tabur bunga di Pantau Taman Ria - Silae, Palu Senin 28 September 2020. (f-tasman banto)

PALU – Perhimpunan Tionghoa Indonesia (INTI) Sulawesi Tengah di Palu, menggelar tabur bunga yang dipusatkan Pantai Taman Ria – Silae Teluk Palu. Dua puluhan orang warga Tionghoa di Kota Palu, mengikuti prosesi tabur bunga dan doa lintas iman yang berlangsung, pagi pukul 07.00 wita, Senin 28 September 2020.

Tabur bunga oleh keluarga Tionghoa itu, ungkap Humas INTI Sulteng, Tasman Banti untuk memeringati tragedi kemanusiaan paling kelam dalam sejarah Sulawesi Tengah, yang terjadi Jumat petang 28 September 2020. Tidak ada data yang dikeluarkan INTI Sulteng, untuk korban jiwa yang di kalangan warga Tionghoa baik di Palu dan Donggala. Namun kerugian material sangat besar.

Prosesi tabur bunga dipusatkan di kawasan Teluk Palu. Di sepanjang pantai yang membujur sepanjang 7 kilometer dari Kawasan permandian Kampung Nelayan hingga Kelurahan Silae, seribuan korban tewas dihantam tsunami di petang naas itu.

Keluarga besar Tionghoa adalah salah satu termasuk relawan yang pertama memasukan bantuan logistik ke Palu dengan pesawat TNI AU Hercules. Tak hanya terhenti saat gempa, aksi kemanusiaan INTI Sulteng bahkan terus dilakukan sampai saat ini. Korban banjir di Desa Bangga dan sejumlah wilayah di Kabupaten Sigi tak luput dari sasaran kelompok persaudaraan yang didalamnya berisi orang-orang dengan beragam keyakinan itu. ***

Penulis: Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini