Pemilik HGB Setujui Site Plan Huntap di Tondo

0
124

PALU – Pemerintah Kita Palu telah mendesain master plan dan site plan penataan ruang dan kawasan diatas lahan rancana pembangunan hunian tetap (Huntap) Kelurahan Tondo -Talise Kecamatan Palu Timur.

Gubernur Sulteng menerbitkan surat penetapan lokasi (Penlon) diatas sedikitnya 481 hektar sebagai lokasi pembangunan Huntap tersebut. Berdasarkan Undang-undang nomor

Terkait hal itu Wali Kota Palu Hidayat mengundang seluruh perwakilan pemilik hak guna bangunan (HGB) diatas lahan tersebut untuk menyepakati perencanaan penataan kawasan, Selasa 28 Mei 2019.

Hidayat menyatakan penetapan lahan oleh Gubernur Sulteng dilakukan setelah pertemuan berbagai pihak terkait dan melalui pertimbangan dari aspek teknis kemanan lokasi.

“Dan sebelum ditetapkan ini juga berproses di Kanwil BPN untuk membentuk tim teknis pengukuran lalu disodorkan ke Gubernur.
Dan atas saran dari badan geologi bahwa lokasi itu masuk zona aman,” kata Hidayat.

Menurutnya desain penataan kawasan nantinya akan ditetapkan dalam rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) Kota Palu. Karenanya sebelum ditetapkan, seluruh pemilik HGB diminta untuk menyepakati rencana tersebut.

“Prinsipnya pemerintah hanya mengambil sebagian lahan didalam lahan HGB,”katanya.

Sebaliknya diatasi lahan itu Pemkot juga memiliki sejumlah rencana pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Namun untuk tahun 2019 telah dianggarkan sebesar Rp100 miliar lebih untuk membangun infrastruktur jalan lingkungan.

Perwakilan PT Sinar Waluyo sebagai salah satu pemilik HGB terluas yang hadir dalam kesempatan itu menyatakan pada prinsipnya menyetujui seluruh rencana pemerintah.

“Asalkan itu menjadi keputusan pemerintah saya kira kami setuju saja,”sebut perwakilan PT Sinar Waluyo.

Wakil dari pemilik HGB lainnya seperti PT Sinar Putra Mandiri dan PT Lembah Nagaya yang hadir juga sepakat dengan perencanaan itu.***

Penulis & Foto: Hamdi Anwar
Editor: Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini