Peace Winds Japan-ACT Serahkan 160 Bilik ICS

0
131

PALU – Lembaga Kemanusiaan Peace Winds Jepang bekerjasama Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyerahkan 160 bilik Integrated Community Shelter (ICS) di Vatutela Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikukore, Kota Palu, Kamis, 25 April 2019.

Perwakilan Peace Winds Jepang Rika Yamamoto mengaku senang bisa membantu penyintas Palu menyediakan hunian sementara.

“Di Jepang, kami juga banyak masyarakat ketika terjadi bencana. Kondisinya pun hampir sama dengan yang dialami masyarakat di Palu,” kata Rika Yamamoto.

Sebagai lembaga kemanusiaan Peace Winds Japan, lanjut Yamamoto, menjadi penyalur dana-dana yang dihimpun dari para donatur. Untuk membangun Integrated ICS menyerahkan kepada ACT untuk mengelola.

Syaf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Pemprov Sulawesi Tengah Hj Norma Mardjanu mengapresiasi dukungan Peace Winds Japan dan ACT dalam membangun hunian sementara ini.

“Tolong dijaga keamanan dan kebersihannya sambil menunggu pembangunan hunian tetap,” kata Norma Mardjanu.

Senior Vice President ACT, Bambang Triyono mengatakan ACT sudah membangun 1.200 bilik yang tersebar pada 12 titik lokasi ICS. Pembangunan ICS ini diharapkan dapat menampung penyintas yang masih bertahan di tenda-tenda.

“Masih ada satu titik lagi ICS yang akan dibangun di Desa Mpanau Kabupaten Sigi,” kata Bambang Triyono.

Ferawati, 37, salah satu penyintas mengaku senang bisa mendapat huntara. “Daripada bertahan di tenda, di sini sudah jauh lebih nyaman” kata Ferawati, penyintas dari Jalan Cut Meutia, Talise.

Saat ini Ferawati membutuhkan modal usaha agar usahanya yang hancur diguncang gempa dan tsunami. Usaha depot hancur dan seketika. “Usaha belum bisa dilanjutkan karena tidak ada modal usaha,” kata Ferawati. ***

Reporter dan Foto : Pataruddin
Editor: Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini