Minggu ke-4 November, Terjadi 29 Kejadian Gempa

0
538
PETA SEISMIK – Peta sebaran aktivitas seismik wilayah Sulteng dan sekitarnya pada minggu ke-4 November 2019, yang dirilis oleh BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Palu. (FOTO: DOK BMKG PALU)

PALU – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Palu, merilis data seismisitas di wilayah Sulteng dan sekitarnya pada minggu ke-4 November 2019. Dalam rilis tersebut, aktifitas seismik tersebar di beberapa wilayah, dengan kedalaman dangkal (< 60 Km) serta menengah (60 ≤ depth(km) < 300) dengan rentang magnitudo 2 hingga 4.

Berdasarkan rilis tersebut, analisa gempabumi di wilayah Sulteng dan sekitarnya pada minggu ke-4 November 2019, dikelompokkan menjadi dua, yaitu, gempabumi berdasarkan magnitudo dan gempabumi berdasarkan kedalaman.

Adapun uraiannya, selama minggu ke-4 November 2019, telah terjadi gempabumi di wilayah Sulteng dan sekitarnya sebanyak 29 kejadian. Berdasarkan besar magnitudonya, gempa M < 3 sebanyak 8 kejadian dan gempa 3 ≤ M < 5 sebanyak 21 kejadian. Pada minggu ke-4 November 2019, terdapat gempabumi dirasakan sebanyak 5 kejadian.

Berdasarkan distribusi kedalaman, gempabumi di Sulteng dan sekitarnya memilki kedalaman D < 60 Km sebanyak 24 kejadian dan terdapat 5 kejadian gempabumi dengan kedalaman 60 km ≤ D < 300 Km.
Jika dilihat dari data kegempaannya, wilayah kabupaten Morowali dan Morowali Utara menjadi wilayah dengan kejadian gempa terbanyak selama periode tersebut, yakni masing-masing 5 kejadian di Morowali dan 3 kejadian di Morowali Utara.

Adapun gempa dengan magnitudo terbesar terjadi pada 23 November 2019, masing-masing magnitudo 4.9 di di darat, 11 Km arah Barat Daya Bungku, Kabupaten Morowali. ***

Penulis  : Jefrianto
Editor    : Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini