Lagi, Banjir di Desa Tuva, 9 Rumah Terendam

0
186

SIGI – Hujan yang mengguyur sejak Minggu pukul 19.00 wita, membuat Desa Tuva Kecamatan Gumbasa – Sigi, kembali diterjang banjir. Akibatnya, 9 rumah terendam dan 5 hektar perkebunan kakao dan kelapa rakyat juga ikut terendam. Sejauh ini belum ada korban jiwa yang dilaporkan hilang.

Sekretaris Desa Tuva Wilis Kapang, menjelaskan banjir juga memutus jalan di Desa Omu akses utama jalur Palu – Kulawi. Jalur ini ungkap Kapang adalah jalur sibuk untuk angkutan barang dan orang. Saat ini warga yang rumahnya terendam banjir, mengungsi di tempat aman. Sebagiannya menumpang sementara di rumah keluarga.

Di Desa Bangga Kecamatan Dolo Selatan, luapan air juga terlihat semakin melebar, menyasar ke pemukiman dan merendam sejumlah rumah Dusun I. Sedangkan Sungai Ore yang membela di tengah Desa Bangga, tampak dipenuhi material. Mengakibatkan air melebar ke arah perkampungan warga.

Sedangkan di Dusun II, perumahan ini kawasan ini nyaris lenyap tak ada lagi yang bisa ditinggali. Kini warganya mengungsi di tiga tempat berbeda yang berjarak tak jauh dari pemukiman sebelumnya.

Sejumlah desa Kecamatan Gumbasa dan Dolo Selatan, sejak awal ramadan diterjang banjir. Kini saat lebaran tinggal dalam hitungan hari, kawasan ini kembali kawasan ini dilanda banjir besar yang memaksa warga kembali mengungsi di tempat tempat aman.***

Penulis: Yardin Hasan
Foto: Sekdes Tuva, Wilis Kapang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini