Korban Banjir di Desa Bangga Mulai Diserang Batuk dan Hipertensi

0
134

SIGI – Puluhan korban bencana banjir bandang di Desa Bangga, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah mulai diserang penyakit gatal-gatal, batuk hingga hipertensi.

Tim media Aksi Cepat Tanggap yang tiba di lokasi banjir bandang di Dusun I dan II Desa Bangga langsung mendatangi sejumlah tempat pengungsian warga dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara mobile.

Salah seorang tenaga medis ACT Jihan pratiwi Wulandari mengatakan dari hasil pemeriksaan kesehatan sejumlah korban bencana yg terdiri dari anak-anak hingga orang tua banyak yang mengalami gatal-gatal, batuk dan hipertensi.

” Penyebab gatal-gatal itu karena warga menggunakan air sungai yang keruh untuk mandi.

Sementara batuk disebabkan karena cuaca yang tidak menentu. Adapun mereka yang mengalami hipertensi itu disebabkan pikiran yang tidak stabil,” Kata jihan.

Jihan menambahkan sata ini para korban bencana itu masih sangat membutuhkan obat-obatan termasuk obat batuk dan gatal.

Pemeriksaan kesehatan masih akan terus dilanjutkan hingga esok hari melihat kondisi yang saat ini banyak warga yang mulai diserang penyakit.

Sebelumnya sejak minggu malam pascabanjir bandang di Desa Tuva, tim emergency response Aksi Cepat Tanggap sudah tiba dilokasi bencana membantu mengevakuasi barang-barang berharga milik warga yang terendam lumpur.

SALURKAN SEMBAKO

Relawan ACT Sulawesi Tengah juga membagikan sembako ke pengungsi banji di Desa Bangga dan sekitarnya. ACT mendistribusikan amanah dari donatur warga berupa ratusan paket personal hygiene kepada warga terdampak.

Salah seorang relawan ACT di lokasi banjir Desa Bangga, Eka mengatakan ratusan penerima bantuan itu sebelumnya telah didata oleh tim relawan ACT. Sehingga bantuan tersebut diharapkan benar-benar tepat sasaran.

” Selain paket personal hygiene kami juga menyalurkan bantuan berupa selimut maupun popok bayi.

Dari hasil asesmen kami banyak bayi yang terpaksa tidak pakai popok karena rumah mereka sebelumnya terendam lumpur,” Kata eka di sela-sela pendistribusian bantuan.

Eka menambahkan selain distribusi paket bantuan, rencannya rabu esok, Posko ACT juga akan membuka dapur umum.

Kepala Cabang ACT Sulawesi Tengah, Nurmarjani Loulembah mengajak semua warga Untuk bersama-sama meringankan beban mereka yang dilanda banjir bandang maupun tanah longsor.

“Mari kita ringankan beban saudara kita di Sigi, apalagi lima hari kedepan memasuki bulan ramadhan yang tentunya kebutuhan warga yg terdampak khususnya umat muslim akan semakin meningkat,” tutupnya. ***

Sumber: Rilis ACT Sulawesi Tengah
Foto: ACT Sulawesi Tengah
Editor: Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini