Jadup Palu-Donggala Terkendala Kelengkapan Data

0
160

PALU – Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyalurkan dana jaminan hidup (Jadup) bagi pengungsi korban bencana di Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah, Minggu 30 Juni 2019.

Jumlah penerima Jadup sebanyak 4.507 kepala keluarga dan 15.191 jiwa.

Dengan total anggaran Rp9,1miliar lebih. Dana Jadup untuk Kabupaten Sigi disalurkan melalui Bank Negara Indonesia (BNI).

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat kepada wartawan menjelaskan, penyaluran Jadup untuk Kabupaten Sigi dilakukan lebih cepat karena telah melengkapi seluruh data dan persyaratan penerima.

Kecepatan penyaluran dana Jadup menurut dia tergantung dari ketersediaan data yang sesuai dengan format yang ada. Misalnya kesesuaian nama dan tempat tanggal lahir, nomor induk kependudukan serta nama ibu kandung.

Karena kelengkapan data penerima sesuai format tersebut selanjutnya akan diverifikasi dan validasi ulang pihak perbankan.

“Contohnya di Sigi cepat disalurkan karena datanya sudah lengkap,”kata Harry.

Sedangakan untuk penyaluran Jadup untuk Kota Palu dan Kabupaten Donggala menurut Harry masih dalam proses pelengkapan data penerima. Karena dalam perjalannya data penerima dari dua daerah terdampak ini masih banyak yang belum valid.

Karenanya hal tersebut masih harus dikoordinasikan bersama dengan seluruh pihak terkait.

“Sebenarnya kapanpun Jadup bisa segera disalurkan.

Tapi ternyata setelah kami verifikasi lapangan masih banyak yang belum valid,”sebutnya.

Dia berharap pemerintah setempat bisa bekerja lebih optimal lagi menyangkut proses pelengkapan data itu. Karena pada prinsipnya, Kemensos hanya menerima usulan dari pemerintah daerah.

“Kalau Pemda, dinas catatan sipil bekerja optimal.

Dan masyarakat juga mau diajak bekerjasama dengan baik, saya kira ini semua bisa cepat selesai. Contohnya Sigi,”demikian Harry.

Adapun jumlah calon penerima bantuan dana Jadup untuk wilayah Sulteng sebanyak 18. 726 kepala keluarga dan 72. 823 jiwa.

Masing-masing Kota Palu sebanyak 10.720 KK dan 40.137 jiwa. Kabupaten Sigi sebanyak 4.507 KK atau 15.191jiwa dan Kabupaten Donggala sebanyak 3.499 KK atau 17.495jiwa. Dengan total anggaran sebesar Rp43,6miliar lebih.***

Penulis: Hamdi Anwar
Foto: Hamdi Anwar
Editor: Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini