Fasilitator Assessment Ulang Kerusakan Rumah

0
118

PALU – Pemanfaatan dana stimulan perbaikan rumah rusak akibat bencana di Kota Palu telah masuk tahap pembentukan kelompok masyarakat (Pokmas). Satu Pokmas beranggotakan antara 10 sampai 20 warga terdampak.

Salah satu kelurahan yang telah menyelesaikan pembentukan Pokmas adalah Kelurahan Lolu Selatan Kecamatan Palu Timur. Berdasarkan data yang diterima Lurah Lolu Selatan, jumlah rumah terdampak sebanyak 60 unit dalam kategori rusak berat.

Sahdin, Lurah Lolu Selatan menjelaskan membentuk tiga Pokmas di wilayahnya. Satu Pokmas beranggotakan 20 warga terdampak.

“Sudah terbentuk tiga Pokmas, tinggal menyelesaikan struktur pengurus. Siapa yang ketua dan siapa bendaharanya.

Itu disepakati secara aklamasi oleh anggota Pokmas,”kata Sahdin, Minggu 16 Juni 2019.

Selanjutnya terang Sahdin, Pokmas akan mendapat pendampingan tenaga fasilitator. Untuk saat ini, fasilitator tengah melaksanakan proses assesmen kebenaran tingkat kerusakan rumah sebagaimana data yang disodorkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palu.

“Data yang kami terima menurut BPBD sudah merupakan hasil assessment.

Namun masih harus assessment ulang. Karena ada data kerusakan yang tidak sesuai dalam kategori rusak berat,”ujarnya.

Sahdin menambahkan, sejauh ini laporan yang ia terima, terdapat satu unit rumah yang tidak dalam kategori rusak berat. Terhadap hal itu, BPBD memerintahkan untuk dilakukan penggantian.

“Datanya kita ganti dengan unit rumah yang memang dalam kondisi rusak berat. Proses asesmen ini kemungkinan berjalan dua atau tiga hari kedepan,”demikian Sahdin. ***

Penulis: Hamdi Anwar

Editor: Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini