Data Penerima Jadup Tahap Kedua Mulai di Input

0
625

DONGGALA- Hingga kini, Pemerintah Donggala melalui dinas terkait, terus melakukan penginputan data tahap kedua, pengusulan penerima jaminan hidup (jadup) korban bencana gempa di wilayah Donggala.

Menurut Kadis Sosial Yusuf Lamakampali, saat ini sudah ada 500 Kepala Keluarga (KK) yang terdata sebagai calon penerima jadup untuk tahap kedua, semua data sudah terinput dan siap dikirimkan kepada kementerian sosial RI.

“Sekarang kami lagi menginput data yang diserahkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Mudah-mudah bisa secepatnya rampung,” ujarnya Senin (26/8/2019).

Sebelumnya, sebanyak 575 KK atau sekitar 2.288 jiwa korban bencana alam gempa bumi, likufaksi, dan tsunami di Kabupaten Donggala, sudah menerima jadup dari kemensos.

Namun, menurut Wakil Bupati Donggala Moh Yasin, jumlah tersebut belum memenuhi target. Untuk tahap pertama, total jadup yang disalurkan kepada penerima melalui Bank BRI cabang Palu, sebesar Rp1,3 miliar dari target Rp10,5 miliar untuk Kabupaten Donggala.

Sementara batasan waktu pendataan yang diberikan kemensos akan berakhir Agustus 2019. Untuk itu, pemerintah kembali melakukan pendataan lagi bagi warga terdampak yang tersebar di 6 kecamatan.

“Saya minta ke petugas pendataan, agar jangan sampai melewati batas waktu karena dana ini bisa ditarik,” tegas Yasin.

Sebelumnya, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat, saat menyalurkan bantuan jadup di Donggala pekan kemarin, mengungkapkan akhir bulan Agustus 2019 adalah waktu terakhir untuk melengkapi data agar bisa mendapatkan jadup.

“Jatah jadup di Donggala itu, sebesar Rp10 miliar lebih untuk 3.499KK,” ujarnya

“Dana itu, saat ini sudah tersedia di kementrian, tinggal menunggu data dari pemerintah setempat,” tambahnya.

Pihak kementrian meminta Pemda Donggala agar segera memberikan data yang sudah lengkap sehingga jadup segera dicairkan.

Reporter : Jose Rizal/Mohammad Qadri
Editor : Sarifah Latowa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini