BPBD Palu Terima Dana Rp82 M, Masih Dipotong Honor Petugas & Sosialisasi

0
119

PALU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palu memastikan telah menerima transferan dana stimulan perbaikan rumah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dana yang masuk ke kas BPBD Palu tersebut sebesar Rp82 miliar lebih.

Kepala BPBD Palu, Fresly Tampubolon menjelaskan, pemanfaatan dan penyaluran dana tersebut saat ini masih terus dibahas bersama dengan BNPB.

“Ya, pagu anggaranya sebesar kurang lebih Rp82 miliar,” kata Fresly melalui sambungan telefon, Rabu 10 April 2019.

Namun dari pagu anggaran tersebut katanya, belum diketahui berapa jumlah rumah yang akan mendapat kucuran bantuan stimulan. Karena saat ini rencana anggaran biaya (RAB) masih terus dibahas.

“Ini masih dibahas dan masih ada perubahan RAB. Setelah itu baru diketahui angka pastinya berapa rumah yang akan disalurkan,”ujar Fresly dari Jakarta.

Dari pagu anggaran itu pula, menurut dia, akan ada biaya lain-lain. Seperti honorarium petugas serta biaya sosialisasi-sosialisasi terkait rencana penyaluran stimulan.

“Setelah itu dihitung semua baru baru akan ketahuan berapa angka pastinya yang tersisah untuk menentukan berapa jumlah rumah yang akan disalurkan,”ujarnya.

Karena itu lanjut Fresly, saat ini pihaknya sedang berada di Jakarta untuk membahas bersama petujuk pelaksanaan (Juklak) pemanfaatan dan penyaluran dana stimulan.

“Semua harus berjalan sesuai Juklak,” pungkasnya.

Sebelumnya Gubernur Sulteng H Longki Djanggola memastikan dana stimulan perbaikan rumah rusak akibat bencana semester pertama sudah disalurkan ke kas masing-masing BPBD kabupaten kota terdampak di Sulteng sebesar Rp230 miliar lebih.

Penyaluran dana stimulan semester pertama kata Gubenur didahulukan bagi rumah dengan kategori rusak berat dan sedang. Sementara untuk rusak ringan dilakukan selanjutnya pada semester dua. ***

Penulis: Hamdi Anwar
Foto: Yardin Hasan
Editor: Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini