Baru 30 Persen Huntara Selesai

0
143

PALU — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru menyelesaikan 30 persen atau 139 unit dari target 699 unit huntara yang harus selesai Desember 2018.

Hal itu disampaikan Ketua Harian Satuan Tugas Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Sulawesi Tengah, Arie Setiadi Moerwanto, dalam bincang santai di AJI Palu, Senin kemarin.

Menurut Arie, setiap unit huntara terdiri dari 12 bilik dan setiap bilik berukuran 4,8 x 3,6 meter. Setiap unit huntara itu juga disiapkan fasilitas berupa 4 kamar mandi, 4 WC, dapur umum dan layanan air bersih.

Kementerian PUPR juga telah berkoordinasi dengan PLN untuk melakukan penyambungan meteran listrik di setiap bilik.

Pemerintah, kata Arie, memprioritaskan huntara-huntara itu untuk para penyintas yang lahannya rusak atau tidak bisa ditempati. “Yang aman lahannya tidak harus masuk huntara. Mungkin rumahnya hanya perlu direhabilitasi,” katanya.

Pembangunan huntara selama ini terkendala dengan ketersedian material, tenaga kerja dan lahan. Sebab Kementerian PUPR tidak boleh membangun huntara di atas lahan non-pemerintah.

Secara keseluruhan, pemerintah menargetkan membangun 1200 huntara. Sebanyak 699 huntara tersebut dibangun pada tahap pertama. Sedangkan sisanya pada tahap kedua.

Reporter: Zainal Ishaq
Editor: Ika Ningtyas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini