Bantu Perekonomian Penyintas, 500 Warga di Huntara Petobo Dapat Benih Lele

0
102
PEMBERDAYAAN - Pembagian bibit lele dan benih sayuran untuk masyarakat di Huntara Petobo. (Kristina Natalia(

PALU – Warga di Huntara Petobo, Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan mendapat bantuan seperangkat paket aquaponic, Jumat (23/10).

Bantuan tersebut diberikan untuk pemenuhan protein sekaligus budidaya kecil-kecilan para korban bencana di tengah pandemi COVID-19.

Sekretaris Lurah Petobo, Fatun mengatakan ada 62.850 ekor bibit ikan lele yang dibagikan kepada 500 lebih warga yang masih menetap di Huntara Petobo dan tidak berstatus sebagai PNS. “Bantuan ini khusus diberikan untuk keluarga tidak mampu atau masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau serabutan,” sebut Fatun Jumat (23/10).

Paket aquaponic ini merupakan bantuan susulan setelah paket sembako yang diberikan oleh Care Indonesia bekerjasama dengan ROA Sulteng. “Saya berharap bantuan ini dikembangkan dan dibudidayakan dengan baik sehingga ada nilai ekonominya,” tutur Fatun.

Sementara itu, Project Officer Yayasan Care Indonesia di Palu, Afandy Majid menjelaskan keseluruhan intervensi CARE Indonesia bekerja sama dengan ROA Sulteng di Kota Palu ini, secara total terbagi dalam 3 paket bantuan yaitu paket I bantuan pangan berupa beras kepala 12.570 Kg, minyak goreng 2.514 liter, telur 1.257 tray, kacang hijau 1.257 liter, gula merah 1.257 Kg.
Untuk paket II masyarakat dibagikan aquaponic ember kapasitas 80 liter 1.257 buah, arang 1.257 Kg, pot 12.570, benih sayuran 1.257 paket, bibit ikan lele 62.850 ekor.
Sedangkan paket III adalah higiene kit 1.257 ember kapasitas 11 liter, 1.257 paket cairiran disinfektan dan 1.257 botol sabun cair. “Pembagian ini bertahap dan sudah dilangsungkan beberapa hari termasuk hari ini juga masih ada pembagian,” jelasnya.

Tambahnya, paket aquaponic yang dibagikan yakni paket ember dan keran 80 liter, gelas pelastik 10 buah, bibit kangkung air 1 paket, bibit lele sangkuriang 50 ekor, pelet 1 kg dan arang 0,5 kg. “Satu keluarga dapat satu paket dan distribusinya ke masyarakat sudah dilakukan sejak Kamis kemarin dan dilanjutkan hari ini,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang menerima bantuan paket aquaponic, Efendy (49) menucapkan terima kasih atas bantuan Care Indonesia dalam membantu pemenuhan kebutuhan penyintas. Bantuan lele tersebut nantinya akan dikembangkan sehingga bisa dikonsumsi sekaligus dijual untuk pendapatan perekonomian.
Bagi Efendy, bantuan seperti ini bisa membantu korban bencana di Palu yang tidak memiliki pekerjaan tetap. “Kalau pindah di Huntap bisa kita bawa dan kita budidayakan supaya ada juga pendapatannya kita di tengah pandemi begini,” terangnya. ***

Penulis : Kristina Natalia
Editor   : Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini