Banjir Bandang Seret 3 Unit Huntara di Kulawi

0
486
Salah satu rumah warga di Desa Namo, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, rusak akibat diterjang banjir bandang, Selasa, (13/8/2019)

SIGI – Dusun 3 Sapo dan Dusun 4 Sadaunta di Desa Namo, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah di terjang banjir bandang Selasa (13/8/2019) malam. Akibatnya sebanyak 7 bangunan yang terbuat dari kayu bambu terseret lumpur dan kayu bawaan banjir.

Nitro Nurwan, relawan dari Yayasan KUN – Humanity System saat berada di lokasi kejadian mengatakan, bangunan yang terseret banjir bandang tersebut yaitu, masjid, sekolah TK, posyandu, 1 rumah warga dan 3 hunian sementara.

Kata dia, banjir bandang tersebut membawa lumpur serta kayu lapuk dan kayu hasil tebangan dari atas gunung yang berasal dari wilayah Taman Nasional Lore Lindu.

“Banyak kayu-kayu bawaan banjir masuk di huntara yang dibuat oleh yayasan KUN,” kata Nitro, saat dihubungi via ponsel, Rabu (14/8/2019).

Menurut Nitro, banjir bandang yang menghantam dua dusun tersebut disebabkan air luapan dari dua anak sungai yang berbeda. Orang disekitar menyebutnya sungai Purba.

Selain mengakibatkan kerusakan huntara dan bangunan lainnya, kondisi jalan raya di Sadaunta dan Sapo juga terdampak parah, aspalnya terkelupas dan berganti dengan bebatuan yang terbawa banjir dari atas gunung.

“Beruntung peristiwa ini tidak menelan korban jiwa,” terangnya.

Saat ini, kata dia, banjir bandang sudah berlalu namun menyisahkan lumpur. Sementara warga terdampak banjir mulai membersihkan rumahnya yang terkena lumpur dan material lain seperti batu mau pun kayu.

Penulis : Erna Dwi Lidyawati
Foto : Nitro Nurwan
Editor : Sarifah Latowa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini