Bangkep Digoncang Gempa 6,9 SR, Warga Diminta Waspada

0
154

PALU – Gempa dengan magnitudo 6,9 SR baru saja mengguncang Banggai Kepulauan – Sulawesi Tengah. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir, pusat gempa terjadi di Banggai Kepulauan magnitudo 6,6 SR 87 KM arah barat daya, Bangkep dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa yang terjadi seusai magrib ini membuat warga Kota Luwuk panik. Laporan wartawan The Jakarta Pos Ruslan Sangadji, bahwa warga Kota Luwuk berlarian keluar rumah. Warga sontak meninggalkan pesisir pantai lari kearah yang lebih tinggi. Otoritas aku Ruslan setempat meminta warga setempat tetap waspada

Ruslan bersama Ketua AJI Kota Palu, Muhamad Iqbal Rasyid mengaku, ikut mengarahkan warga yang panik ke tempat yang lebih aman. Di Maahas salah satu kawasan ramai di Kota Luwuk, ungkap Ruslan, warga khususnya ibu ibu dan anak-anak menangis histeris. Klakson kendaraan bersahutan membuat suasana. Ruslan mengaku kontur tanah Kota Luwuk yang miring dan bergunung membuat warga mudah mencapai tanah yang lebih tinggi.

BMKG kata dia juga melansir, gempa berpotensi tsunami. Hingga berita ini diturunkan, peringatan dini tsunami belum dicabut.

Di Kota Palu, kepanikan warga juga terlihat. Warga khususnya ibu ibu dan anak berlarian keluar. Trauma 7 bulan lalu, membuat warga sigap dan mencari tempat aman. Sampai beirta ini belum ada laporan kerusakan bangunan yang disampaikan pihak berwenang. ***

Penulis: Yardin Hasan
Editor Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini