18 Oktober, Pemenang Tender Coastal Protection Diumumkan

0
1379
LOKASI PROYEK - Pantai di Kelurahan Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur, yang kawasan pesisirnya akan dibangun coastal protection, yang didanai oleh ADB

PALU – Proyek konstruksi coastal protection yang diinisiasi oleh Asian Development Bank (ADB) di pesisir Teluk Palu, kini memasuki babak baru. Proses lelang tender telah dilakukan sejak Juli 2019 lalu. Data dari laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), lelang  berkode t 54911064 dengan nama proyek Rehabilitation and Reconstruction of Palu Coastal Protection, Central Sulawesi Province, diketahui lelang tender proyek tersebut telah masuk tahapan penentuan pemenang.

Tahapan tendernya sejak 2  – 17 Oktober 2019.  Pengumuman pemenangnya , pada 18 Oktober 2019.

Tender diikuti 155 perusahaan mayoritas perusahaan plat merah. Instansi pelaksana adalah Kementerian PUPR, lewat satuan kerja SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air WS Palu-Lariang, WS. Parigi-Poso, W  Kaluku-Karama Provinsi Sulawesi Tengah.  Adapun sumber dana pekerjaan ini disebutkan dari APBN dengan tahun anggaran 2019. Nilai Pagunya mencapai Rp100 juta, dengan nilai HPS paket mencapai Rp 328 miliar.

Sistem pengadaan pekerjaan ini menggunakan lelang umum – pascakualifikasi satu file – harga terendah sistem gugur, dengan sejumlah syarat kualifikasi.

Tahapan lelang ini sendiri sudah dikonfirmasi oleh pihak Bappenas, melalui Kasubdit Kelembagaan Infrastruktur Sumber Daya Air Bappenas, Ewin Sofian Winata, Agustus 2019 lalu. Dirinya juga mengkonfirmasi, jika konstruksi coastal protection ini menggunakan dana loan ADB.

ADB sendiri pada 21 Juli 2019 lalu, atau dua minggu sebelum panel ahli di Palu dilaksanakan, telah mengeluarkan invitation bid, yang berisi pengumuman pembukaan penawaran lelang bagi pengerjaan konstruksi coastal protection ini.

Dalam invitation bid tersebut, pihak Balai Wilayah Sungai Sulawesi III selaku employer, membuka tawaran/tender online bagi peserta lelang yang memenuhi syarat. Peserta lelang sendiri dalam dokumen tersebut, terbuka dari negara-negara sumber ADB yang memenuhi syarat. Lelang ini menggunakan sistem penawaran kompetitif terbuka, yang akan dilakukan sesuai dengan Tahap-Tunggal ADB: Prosedur Satu-Amplop. Adapun tenggat untuk pengajuan penawaran 14 Agustus 2019 pukul 10.00 WIT.

Ewin Sofian Winata mengakui hingga kini desain coastal protection tersebut belum final, karena akan diintegrasikan kembali oleh Kementerian PUPR. Soalnya ada beberapa titik di mana dua kontruksi, yakni coastal protection yang didanai ADB dan elevated road yang didanai JICA, berhimpitan. Namun rupanya pemerintah mengebut pembangunannya. Sungguhpun desain coastal protection tersebut belum final.

Coastal protection ini, sejatinya dibangun untuk menahan gelombang badai dan erosi pantai. Coastal protection ini akan membentang sepanjang 2,35 kilometer di pesisir sebelah barat teluk Palu dan 4,9 km di pesisir sebelah timur teluk Palu. Konstruksinya mengular dari wilayah pesisir di Kelurahan Silae, Kecamatan Ulujadi sampai wilayah pesisir di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore.

Dokumen Emergency Assistance for Rehabilitation and Reconstruction (EARR): Project Administration Manual for Component I yang dikeluarkan oleh Asian Development Bank (ADB), menyebut, biaya untuk konstruksi pelindung ini diperkirakan mencapai US $23,43 juta. Konstruksi ini sudah termasuk program rehabilitasi infrastruktur sumber daya air. Dokumen tersebut menyebut tahun 2023 sebagai batas pengerjaan konstruksi.

Untuk pembangunan pelindung pesisir ini, ADB siap memberikan bantuan pendanaan. Direktur Divisi Pengembangan Urban dan Air ADB untuk Asia Tenggara, Vijay Padmanabhan, menyebutkan dalam siaran persnya pada 26 Juni 2019 lalu, ADB telah menyetujui bantuan US $297,75 juta untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pekerjaan umum dan infrastruktur transportasi di Sulteng. Di dalamnya juga mencakup pembangunan coastal protection. ***

 

Penulis  : Jefrianto
Foto       : Jefrianto  

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini