136 Unit Huntara Siap Ditempati

0
245

PALU — Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Sulawesi Tengah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), menargetkan 136 unit hunian sementara (huntara) selesai pada pekan depan.

Huntara-huntara tersebut berada di tiga titik di Kota Palu yakni Silae, Petobo dan Gawalise. “Hingga 17 Desember 2018 kami akan selesai 136 unit,” kata Ketua Satgas Penanggulangan Bencana Sulteng, Kementerian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto, lusa lalu.

Huntara tersebut diperuntukkan bagi pengungsi yang menjadi korban bencana gempa, tsunami dan likuefaksi. Hingga Senin kemarin, sebanyak 65 huntara telah selesai dikerjakan. Huntara tersebut dibangun dengan model knock down atau bongkar pasang.

Satu unit huntara berukuran 12×26,4 meter persegi yang terbagi menjadi 12 bilik. Setiap keluarga akan menempati satu bilik berukuran 4,7 meter x 3,5 meter. Menurut Arie, total huntara yang sedang dibangun pemerintah yakni sebanyak 1.200 unit.

Pembangunan huntara tersebut melibatkan pekerja lokal dan dari luar Kota Palu agar bisa diselesaikan lebih cepat. Kementerian PUPR menargetkan, pembangunan huntara selesai pada akhir bulan ini.

Namun karena sudah memasuki musim penghujan, maka proses pemindahan pengungsi akan dilakukan secara bertahap. Selain pemerintah, pendirian huntara juga dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap dan sejumlah BUMN seperti BNI.

Reporter: Mohammad Qodri
Editor: Ika Ningtyas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini