1.729 KK di Tanamodindi Terima Dana Stimulan Tahap Dua

0
1067
CARI NAMA - Warga berjubel memastikan namanya masuk dalam penerima dana stimulan tahap dua (foto Irwan Basir)

PALU – Seribuan warga di Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, akhir pekan lalu mendatangi kantor kelurahan setempat. Warga hendak mengecek daftar penerima dana stimulan tahap II di kantor kelurahan.

Tercatat ada sekira 1.729 keluarga penerima bantuan perbaikan rumah kategori rusak berat, sedang dan ringan.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial Kelurahan Tanamodindi, Sri Wati Handayani, SH yang dimintai keterangannya menyebutkan, dana stimulan tahap II di Kelurahan Tanamodindi akan segera dicairkan pemerintah.

Pada daftar yang telah diterima dan dipublikasikan kepada masyarakat tercatat ada 1.729 keluarga penerima. Secara terperinci Sri Wati Handayani menyebutkan, ada 88 kepala keluarga kategori rumah rusak berat, 396 rusak sedang dan 1.245 rumah rusak ringan.

“Itu sudah kita umumkan melalui daftar nama penerima yang kita pajang pada papan pengumuman. Silahkan warga mengecek nama mereka untuk selanjutnya melengkapi lagi persyaratan,” kata Sri Wati Handayani.

Diterangkan Kasi Pemkesos ini, secara keseluruhan warga penerima dana stimulan di Kelurahan Tanamodindi berjumlah 1.791. Tahap I katanya, ada 62 kepala keluarga penerima dengan kategori rusak berat yang kemudian membentuk 5 Kelompok Masyarakat (Pokmas), selanjutnya pada tahap II ada 1.729 keluarga penerima dengan tiga kategori yang nantinya juga akan membentuk Pokmas.
“Kita juga masih menunggu pemberitahuan selanjutnya, hanya saja sudah ada nama dan jumlah penerima yang dipastikan menerima dana stimulan tahap dua ini,” tambahnya.

Hanya saja katanya masih ada sekira 300 keluarga yang belum terakomodir sebagai penerima dana stimulan. Berdasarkan data yang dimiliki pihak kelurahan, ada 2.100 keluarga dengan jumlah jiwa 12.872 yang namanya telah diusulkan. Dengan demikian pihak kelurahan meminta kepada warga yang namanya belum masuk dalam daftar penerima stimulan tahap II untuk bersabar.

Dariyati warga di Kelurahan Tanamodindi kepada media ini mengatakan, dirinya merasa kecewa setelah sekian lama mengecek namanya tidak ada dalam daftar penerima dana stimulan tahap II itu. padahal katanya rumah yang saat ini ditinggalinya dalam keadaan rusak sedang. Diakuinya telah beberapa kali pihak PUPR Kota Palu melalui fasilitator melakukan pengecekan dan pendataan kerumahnya. Namun sampai saat ini ternyata namanya tidak termasuk dalam daftar penerima tahap II itu. Rencananya dia bersama sejumlah keluarga lainnya akan mendatangi instansi terkait guna mempertanyakan masalah apa sehingga nama mereka tidak masuk dalam warga penerima.

CATAT – Petugas memerika nama nama calon penerima dana stimulan tahap dua di Kelurahan Tanamodindi (foto Irwan Basir)

“Kita akan pertanyakan kepihak terkait mengenai masalah apa sehingga nama kami tidak masuk dalam daftar penerima dana stimulan tahap dua ini, padahal kita telah didata dan dicek rumah kami,” katanya.

Berbeda, Agus Ahdar warga Kelurahan Tanamodindi kepada media ini mengatakan sangat bersyukur namanya terdaftar dalam penerima dana stimulan tahap dua. Untuk Kota Palu berdasarkan data jumlah total laporan rumah yang mengalami kerusakan sebanyak 41.146 unit. Rencananya dana stimulan tahap dua ini akan disalurkan pada seluruh kategori kerusakan. Berat, sedang dan ringan. umlahnya sebanyak 38.805 unit rumah.

Penulis   : Irwan Basir
Editor     : Yardin Hasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini